Selamat Datang Di Blog Sederhana Saya ini Mohon Dukungan Dan Patisipasinya yoo dengan Subscribe And Like Channel Youtube dan Fanspages Saya..supaya saya bisa berbagi informasi menarik dan ilmu Yang Bermanfaat Untuk Kita Semua Sekian Terimakasih broo...

Tuesday, November 14, 2017

DASAR KOMUNIKASI DAN KOMUNIKASI BISNIS

 Apakah llmu Komunikasi Perlu dipelajari ?


- Komunikasi yang baik dengan Orang Lain Akan membantu  seseorang mempermudah mendapatkan  rezeki, Sahabat, dan Pelanggan.
-  Semakin banyak orang yang tidak mengenal Etika Dalam berkomunikasi.
- Dengan mengetahui konsep, teori, dan dasar praktik komunikasi yang baik, seseorang bisa menjadi pekerja komunikasi yang terampil dan profesional dalam melaksanakan Tugas – tugas  yang di embannya.
-  Perkembangan tekhnologi yang begitu cepat memaksa orang harus mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru terutama dalam bidang komputer animasi gambar.

Pengertian & Cakupan Komunikasi :
Komunikasi berpangkal dari pada perkataan latin “ Communis yang artinya : Membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih.

Komunikasi juga berasal dari akar kata dalam bahasa latin Communico yang artinya : “ Membagi “
( Hafied Cangara, Pengantar Ilmu Komunikasi.h 1983 )
Secara Terminologi :

Menurut Harold D. Laswell “ Bahwa cara  yang tepat untuk menerangkan suatu tindakan Komunikasi ialah “ menjawab pertanyaan : Siapa yang menyampaikan, apa yang  disamapikan, melalui saluran apa, kepada siapa  dan apa pengaruhnya. “

Everet. M. Rogers. “ Komunikasi adalah “  Suatu Proses dimana  suatu ide dialihkan dari sumber kepada satu penerima atau lebih dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka “

Cakupan Komunikasi :
 -Bagaimana seseorang menyampaikan sesuatu   lewat bahasa atau simbol  kepada orang lain.
 -Objek kajian material komunikasi “ Proses penyampaian , penerimaan dan pemanfaatan informasi & Media.
 -Objek kajian formal : Situasi komunikasi yang mengarah kepada perubahan wawasan, perubahan sikap, perubahan prilaku & Perubahn sosial  yang diaalmi individu, kelompok & masyarakat.

Unsur- unsur Komunikasi :
 1. Sumber 
Suatu peristiwa komunikasi akan melibatkan sumber sebagai pembuat atau pengirim informasi. Dalam komunikasi antar manusia , Sumber bisa terdiri dari satu orang, tetapi juga bisa dalam bentuk kelompok misalnya partai, organisasi atau lembaga . Sumber sering disebut : Pengirim, Komunikator, atau dalam bahasa Inggris disebut : Source, Sender, atau Encoder.

2.  Pesan
Pesan adalah Sesuatu yang disampaikan pengirim kepada penerima. Pesan dapat disampaikan dengan cara tatap muka atau melalui media Komunikasi. Isinya  bisa berupa Ilmu pengetahuan, hiburan, Informasi, nasihat atau propaganda. Atau dalam bahasa Inggris pesan biasanya diterjemahkan dengan kata “ message, Content atau Information “

3. Media
Alat yang digunakan untuk memindahkan pesan dari sumber kepada penerima.

4. Penerima 
Penerima adalah pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirim oleh sumber. Penerima bisa terdiri satu orang atau lebih bisa dalambentuk kelompok, partai atau negara.

5. Pengaruh
Pengaruh atau Efek adalah Perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan. Pengaruh bisa terjadi pada pengetahuan, sikap dan tingkah laku seseorang ( De Fleur, 1982). Oleh karena itu, Pengaruh bisa diartikan perubahan atau penguatan keyakinan pada pengetahuan, sikap, dan tindakan seseorang sebagai akibat penerima pesan.

6. Tanggapan Balik
Tanggapan Balik adalah “ Salah satu bentuk dari pada pengaruh yang berasal dari penerima.

No comments: