Selamat Datang Di Blog Sederhana Saya ini Mohon Dukungan Dan Patisipasinya yoo dengan Subscribe And Like Channel Youtube dan Fanspages Saya..supaya saya bisa berbagi informasi menarik dan ilmu Yang Bermanfaat Untuk Kita Semua Sekian Terimakasih broo...

Friday, October 12, 2018

Dasar Mikroprosesor Apa Itu Mikroprosesor? Part 1




PART 1 PENDAHULUAN


1.1 Definisi Mikroprosesor
      Apa itu mikroprosesor  ?
Mikroprosesor   diadopsi  dari  kosa kata  bahasa  Inggris  yang terdiri dari  2  kata  yaitu  micro  yang  berarti  ukuran  yang  kecil  pada  skala metrikf IO"  meter)   dan  processor  yang   berarti  pengolah,   jadi   jika digabung  menjadi microprocessor.  Arti secara kamus belum cukup jelas mewakili apa yang sebenarnya  menjadi esensi dari mikroprosesor.

Secara fisik, berdasarkan teori piranti elektronika modern, mikroprosesor    adalah    sebuah    keping  IC(/11 tegrated   Circuity   yang tersusun  oleh jutaan (bahkan miliaran)  transistor semikonduktor. Jadi tampilan  visual  dari  sebuah  mikroprosesor  memang  berupa  sebuah  IC) namun  arsitekturnya  jauh   lebih   komplek  jika   dibandingkan   dengan sebuah IC digital. Jika sebuah IC digital memiliki  fungsi yang sederhana dan  tidak  fleksibel,  maka  sebuah  mikroprosesor memiliki  fungsi  yang komplek  dan fleksibel.  Biasanya  sebuah  mikroprosesor  dirancang  untuk memiliki  fungsi dasar berikut, yaitu :

1. Melaksanakan perintah dalam bentuk program.
2. Melakukan  perhitungan  dan menyimpan  basil perhitungan.

1.2 Sejarah Perkembangan Mikroprosesor

Mikroprosesor   mulai  populer  sekitar  tahun  1970-an dan  dianggap sebagai  produk  generasi  ke-4 dari perkembangan  nanoteknologi bidang elektronika.  Tabel  1   menunjukkan  gambaran  sekilas  tentang perkembangan  mikroprosesor.
Intel     corporation     adalah     salah     satu     perusahaan     pengembang
mikroprosesor  yang sangat berhasil  dalam mengembangkan produknya, namun demikian sebenarnya masih banyak pabrikan lain yang mengembangkan   mikroprosesor  seperti misalnya Zilog, Motorola) Microchip   dan  lain  sebagainya.  Mikroprosesor   buatan  Intel  dianggap sebagai cikal bakal mikroprosesor  modern yang ada sekarang.

Tabel 1.  Perkembangan Mikroprosesor dan Kuantitas Kandungan
Transistor


(Sumber http:!/en. wikipedia.org/wiki/File:Transistor_Count_and_Moore's_Law_ -
_2008.svg)



1.3 Cara Kerja Mikroprosesor

Sebelumnya sudah disinggung  tentang  tugas  atau fungsi  dari mikroprosesor, yaitu : menjalankan  perintah  atau  program. Sedangkan mikroprosesor    tidak   memiliki   media   untuk  menyimpan  program tersebut, sehingga  dalam hal ini jelas bahwa  agar supaya dapat bekerja sesuai  fungsinya, maka  mikroprosesor   harus   didampingi   perangkat memori    sebagai    penyimpan    perintah/programnya. Selain   memori sebagai penyimpan program, kadang diperlukan juga memori sebagai penyimpan  data  sementara  atau  memori  RAM.  Memori  program  dan memori data berbeda dalam orientasi pengunaannya  walaupun keduanya sama-sama   merupakan   media  penyimpan.   Memori   program   lebih kepada  untuk menyimpan  kode-kode  perintah,  sedangkan  memori  data hanya digunakan untuk menyirnpan data-data umum.

Cara kerja mikroprosesor  dapat dirangkum sebagai berikut:
Langkah 1
Segera setelah mendapatkan  catu daya dan osilator, mikroprosesor  akan mencari  perintah  di memori  program.  Kode  perintah  yang dicari  oleh mikroprosesor  adalah kode perintah  yang tersimpan  pada alamat paling awal   atau   0.  Caranya   adalah   dengan  mengkondisikan   semua  pin address-nya pada logika LOW atau 0.



Langkah 2
Setelah  mikroprosesor  1nen-setti11g semua pin address-nya pada alamat awal, maka berikutnya  mikroprosesor  akan mengkondisikan  semua pin data-nya pada kondisi tri-state atau mengambang. Hal ini karena mikroprosesor  harus bersiap  untuk menerima  data(kode  perintah)  yang akan dikirimkan oleh memori program ke mikroprosesor.



Langkah 3
Mikroprosesor  akan  memberikan  sinyal  kepada  memori  program  agar aktif. Aktifnya memori  program  secara  otomatis akan mengkondisikan logika pada jalur  data(data  bus) tepat seperti  apa yang tersimpan  pada alamat yang ditunjuk oleh mikroprosesor.  Aktifnya memori program ini biasanya  adanya  sinyal  RD  yang  dikirim  oleh  mikroprosesor  kepada memori   program,   oleh  karenanya,   memori   program   harus   berupa memori yang Read Only. 



Langkah 4
Data yang berada pada jalur data bus akan diterima  oleh mikroprosesor dan masuk ke l'(J11tr(J/ unit untuk diterjemahkan.  Selanjutnya  l'(J11tr(J/ unit akan   mengerjakan    perintah   pertama   tersebut  sesuai   dengan   jenis perintahnya.


Langkah 5
Setelah perintah pertama selesai dilaksanakan, maka selanjutnya mikroprosesor akan mencari perintah berikutnya pada alamat memori program,   urutan  kerjanya   mirip  dengan  sebelumnya  pada  langkah   1 sampai 4 dan demikian seterusnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa mikroprosesor  bekerja  dengan  pola  :   cari  perintah  ""7  kerjakan  ""7  cari perintah ""7  kerjakan  ""7  dan seterusnya...



Kesimpulan :

1. Mikroprosesor  secara  fisik adalah  keping  IC yang terdiri  dari jutaan  bahkan miliaran  transistor.
Mikroprosesor    memiliki   tugas   utama   yaitu   melaksanakan perintah   atau  program,   dimana  bentuk  perintahnya   berupa kode   biner   yang  tersimpan   dalam   media   penyimpan   atau memori.

2. Mikroprosesor   merupakan   elemen  utama  dari  sebuah  sistem digital   terintegrasi,   bentuk  sistem   yang   dibangun menggunakan   mikroprosesor    bisa   bermacam-macam tergantung dari peruntukannya.
3. Mikroprosesor   disebut  juga   Central  Processing   U11it (CPU)
dan tugas utamanya adalah :  mencari  perintah (get instructions from memory),  menjalankan  perintah  texecute  instructionsi, melakukan           perhitungan           tperform          calculationsi,
mengendalikan operasi pada sistem (c'(J11tr(J/ bus operations)


Thanks :)
Next Part 2 Menyusul

No comments: