Selamat Datang Di Blog Sederhana Saya ini Mohon Dukungan Dan Patisipasinya yoo dengan Subscribe And Like Channel Youtube dan Fanspages Saya..supaya saya bisa berbagi informasi menarik dan ilmu Yang Bermanfaat Untuk Kita Semua Sekian Terimakasih broo...

Tuesday, October 24, 2017

Pengenalan Bahasa C++


Oee, Selamat malam pecinta bahasa pemrograman, saya akan membahas teori Pengenalan Bahasa C++ . apabila mana sebelum kita belum memahami apa itu bahasa C++ kurang lengkap rasanya, kenali dulu ,supaya kenal.. hehehe..  di next tutorial nnti saya akan membahas step demi step mengenai Bahasa C++, oee langsung saja kita ke TKP(TEMPAT KEJADIAN PROGRAM) Saja..

Tujuan :
Saya ingin anda mampu menginstal compiler (kompilator) C, membuat dan mengkompilasi serta mengeksekusi program sederhana dalam bahasa c.

Dasar teori :
Belajar memprogram berarti belajar tentang metodologi pemecahan masalah, kemudian menuangkan algoritma pemecahan masalah dalam suatu notasi algoritmik. Notasi algoritmik bersifat independen terhadap bahasa pemrograman sehingga dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman tingkat tinggi. Program computer adalah translasi dari sebuah algoritma.
Untuk dapat mengeksekusi program computer dalam bahasa c, dibutuhkan kompilator c. kompilasi program bertujuan memeriksa kebenaran sintaks (tata bahasa) program. Jika tidak terdapat kesalahan, kompilator kemudian menerjemahkan program ke dalam bahasa mesin yang dapat diinterpretasikan oleh prosesor.
Ada beberapa kompilator bahasa c yang dapat digunakan, misalnya gcc, turbo c, Borland c++ builder, dan masih banyak lagi. Sehubungan dengan adanya undang-undang hak atas kekayaan intelektual, sangat dianjurkan untuk menggunakan kompilator bahasa c yang bersifat freeware atau opensource, seperti djgpp. Kompilator ini tersedia di warnet untuk semua versi system operasi windows. 

Peralatan
·         Perangkat keras: 1 set computer dan 1 buah flashdisk untuk menyimpan file latihan praktikan
·         Perangkat lunak: windows xp, internet browser, software installer djgpp, winzip dan notepad untuk mengetik program.

Langkah Kerja
Pertama kali form tersebut meminta anda untuk memilih dari server nama anda akan mendownload file-file yang dibutuhkan tersebut. Daftar server-server tersebut tersedia pada drop down select a suitable ftp site. Jika anda bingung untuk memilih server mana yang paling tepat untuk anda, pilih saja pick one for me.
Berikutnya form menanyakan kegunaan dari djgpp ersebut. Ada 3 pilihan yang tersedia, yaitu:
1.     Build and run programs with djgpp
2.    Run a program I got that’s built with djgpp
3.    Use unix to build dos program
Karena djgpp tersebut nantinya akan kita gunakan untuk melakukan kompilasi dari program-program c yang kita pelajari, maka pilihlah pilihan yang pertama.


Oee sekian dulu pembahasan saya mengenai pengenalan bahasa c++ dengan djgpp.. di next tutorial saya akan membahas cara dawnload dan install djgpp di laptop laekk.. oee kalau ada yang kurang paham comment aja di bawah...
#salaman_dulu_kita